Wednesday, January 28, 2015

Hal - hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Blog

Bagaimanakah pengalaman sobat pada saat pertama kali dalam membuat blog ?  Tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat blog ? Saya akan berbagi sedikit pengalaman dalam membuat blog kepada para sahabat yang telah menyempatkan diri untuk mampir di blog yang sederhana ini. Berawal dari pelajaran pemrograman web di sekolah dan akhirnya timbul niat saya untuk belajar membuat blog.

Pertama yang saya lakukan adalah mencari panduannya di google yaitu Cara Membuat Blog Gratisan Di Blogger.com (Blogspot). Berdasarkan panduan yang saya pelajari rasanya sangat mudah untuk membuat blog hanya dalam beberapa menit saja. Namun setelah selesai membuat blog dan mengisinya dengan beberapa artikel, baru saya menyadari bahwa Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Blog.

Hal yang perlu diperhatikan :
Dalam membuat blog saya telah beberapa kali ganti judul blog tanpa memperhatikan Pengaruh Ganti Judul Blog Terhadap Ranking Artikel Di Google. Sebagai pemula saat membuat alamat blog “networkandcompute.blogspot.com” saya berfikir pada saat itu bahwa dengan alamat blog “networkandcompute.blogspot.com” akan memudahkan untuk menentukan tema dalam membuat suatu postingan yaitu tentang internet dan komputer. Namun postingan yang terkait dengan internet dan komputer pada blog ini sampai saat ini masih sangat minim. Sehingga saya mengganti judul blog dan hal ini tentu sangat berpengaruh terhadap rangking artikel di mesin pencari.

Dari pengalaman tersebut dapat disimpulkan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat blog :

  1. Pilihlah judul blog yang tepat sesuai dengan isi atau tema blog yang akan dibuat
  2. Alamat blog kalau bisa disesuaikan dengan isi atau tema blog yang akan dibuat
  3. Judul blog dan alamat blog usahakan yang simpel
  4. Pilih judul blog yang mengandung kata kunci untuk mengoptimalkan blog di search engine
  5. Begitu juga dengan alamat blog kalau bisa yang mengandung kata kunci agar lebih SEO friendly kata para Master
  6. Usahakan agar jangan mengganti-ganti judul blog
  7. Demikianlah sobat pengalaman saya saat baru memulai membuat blog di blogspot. Saya posting pengalaman ini agar sobat yang baru belajar bagaimana cara membuat blog tidak mengalami hal yang saya alami yaitu mengubah judul blog tanpa memperhatikan efeknya.

Untuk sobat yang baru selesai membuat blog, entah itu di blogspot, wordpress, dan sebagainya disarankan untuk Mendaftarkan Blog ke Google dan mesin pencari lainnya dengan maksud agar terindek mesin pencari sehingga blog yang sobat tersebut bisa tampil di google.
Demikianlah sobat pendapat saya mengenai beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat blog.

2 comments:

  1. Terima kasih banyak atas informasinya, hal hal tersebut memang sudah seharusnya kita perhatikan ketika akan mengganti tema di blog, nice article gan! untuk menambah wawasan kunjungi juga Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Mengganti Template Blog

    ReplyDelete