Wednesday, January 21, 2015

Makan Ikan 2 Kali Seminggu Agar Jantung Sehat dan Kuat


Anda suka ikan? Ikan merupakan salah satu bahan makanan yang kaya akan protein. Senyawa ini dapat membantu membangun jaringan tubuh. Ikan sangat baik dikonsumsi untuk anak, remaja hingga orang dewasa karena tinggi akan protein dan lebih rendah lemak.
American Heart Association telah merekomendasikan seseorang untuk mengonsumsi ikan yang kaya akan asam lemak omega 3 minimal 2 kali seminggu untuk menjaga kesehatan jantung. Penelitian lain menunjukkan bahwa kombinasi dari asam lemak omega 3 dan zat gizi lain dari ikan juga dapat menunjang kesehatan.

Selain mudah dan cepat untuk dimasak, ikan juga sangat baik untuk menutrisi otak si kecil sehingga dapat lebih fokus dalam belajar. Akan tetapi banyak anak-anak yang menolak mengonsumsi ikan karena alasan bau yang anyir. Padahal, jika Anda memilih ikan yang masih segar dan mengolahnya secara benar maka tidak akan timbul bau anyir ataupun amis saat dimasak.

Seperti yang dilansir dalam Tabel Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gr ikan segar mengandung sekitar 113 Kkal, 17 gr protein, 4,5 gr lemak, 20 mg kalsium dan 1 mg zat besi.

Sedangkan 100 gr daging ayam mengandung energi sekitar 298 kkal, 18,2 gr protein, 25 gr lemak, 14 mg kalsium dan 1,5 mg zat besi dan 100 gr sapi mengandung energi sebesar 201 Kkal, 18,8 gr protein, 14 gr lemak, 11 mg kalsium dan 2,8 mg zat besi.

Jika dibandingkan dengan daging ayam dan sapi, ikan memang lebih kecil nilai kandungan energi, protein, lemak hingga zat besi. Akan tetapi perbedaannya hanya sedikit dan tidak terlalu signifikan.

Anda tetapi ikan mengandung asam lemak tak jenuh yang dapat mengontrol kadar kolesterol. Asam lemak omega 3 dapat menurunkan trigliserida, menurunkan tekanan darah, mengurangi pembekuan darah, turunkan resiko stroke dan dapat cerdaskan otak si kecil.

0 komentar:

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com

Post a Comment